Yuk, Coba 2 Resep Masakan Rumahan dengan Bumbu Kacang!

Siapa sih yang tidak suka dengan bumbu kacang? Banyak makanan Indonesia sangat lezat ketika disajikan dengan bumbu kacang. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas dua resep masakan rumahan yang bisa kamu kombinasikan dengan bumbu kacang. Apa saja itu?

Resep siomay bumbu kacang

Bahan:

200 gram kacang tanah

3 bawang putih

4 bawang merah

5 cabai merah keriting

3 cabai rawit

3 lembar daun jeruk

1 sendok makan air asam jawa

3 sendok makan kecap manis

1 gula jawa

Garam secukupnya

Air dan minyak goreng

 

Cara Membuat:

Kupas kacang tanah, bawah putih, bawah merah, dan cabai merah keriting, kemudian goreng. Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai yang sudah digoreng tadi, lalu tumis sampai harum. Setelah itu, perlahan-lahan masukkan daun jeruk, air asam jawa, kecap manis, dan juga gula jawa.

Sambil menggoreng, tambahkan air dan minyak goreng sedikit demi sedikit. Setelah itu, tambahkan garam secukupnya, tunggu 5 menit sampai matang. Cicipi rasanya, apakah kurang sedap atau tidak. Tambahkan garam jika masih kurang lezat. Terakhir, angkat bumbu dan siap sajikan dengan batagor atau siomay.

 

Resep sate bumbu kacang

Bahan:

200 gram kacang tanah

2 lembar daun jeruk

Air putih

Garam

Kecap manis

5 bawang merah

4 bawang putih

2 cabai merah

5 cabai rawit

 

Cara Membuat:

Pertama, kupas dan goreng kacang tanah terlebih dahulu. Setelah selesai, haluskan kacang tanah tersebut bersama bawang merah, bawang putih, daun jeruk, cabai rawit, cabai merah, tambahkan sedikit air, dan juga garam. Kamu bisa menghaluskan menggunakan blender atau dihaluskan secara manual. Di sini kamu bisa pelan-pelan menambahkan air untuk mendapatkan kekentalan yang kamu inginkan.

Kemudian panaskan air di panci dan masukkan bumbu kacang tersebut sampai mengeluarkan bau yang harum. Setelah itu, angkat dan kamu bisa mencampurkan ke sate yang telah kamu siapkan sebelumnya.

 

Itulah kedua resep bumbu kacang yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Bagaimana, sudah siap untuk memasak?