Kenali Kandungan Gizi pada Selai Kacang Cokelat untuk Sarapan Pagi

Roti dan selai menjadi menu sarapan yang banyak dipilih oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini karena penyajiannya yang praktis dan tidak terlalu berat jika dimakan di pagi hari. Pilihan selai yang digunakan bisa bermacam-macam. Kalau kamu suka perpaduan roti dan selai kacang cokelat saat sarapan pagi maka kamu memilih hal yang tepat. Mengapa? Karena kandungan gizi pada selai kacang cokelat sangat baik untuk memulai hari sehingga cocok dijadikan menu sarapan pagi.

  1. Selai kacang cokelat membuatmu cepat kenyang

Selai kacang cokelat mengandung gizi lemak tak jenuh serta protein yang bisa membuat lambung merasa lebih cepat kenyang. Asupan energi yang tinggi dan padat gizi dalam selai kacang cokelat mudah diserap oleh tubuh. Dua sendok selai kacang cokelat dan roti bisa membuatmu kenyang hingga tiba saat waktu makan siang.

 

  1. Mengurangi stres

Stres dipengaruhi oleh tingginya kadar kortisol dalam tubuh. Salah satu zat yang bisa membantu menurunkan kadar kortisol adalah zat beta sitosterol yang terdapat dalam selai kacang cokelat. Maka dari itu jika kamu pernah mendengar bahwa cokelat bisa mengurangi stres, hal itu memang benar karena kandungan zat beta sitosterol.

 

  1. Mencegah batu empedu dalam tubuh

Batu empedu yang terbentuk di dalam tubuh kebanyakan disebabkan oleh berat badan yang berlebihan, diet ketat, serta beberapa jenis obat-obatan. Beberapa hal tersebut memicu naiknya kadar kolesterol dan membentuk batu empedu. Selai kacang cokelat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol ini jika rutin dikonsumsi saat sarapan pagi.

 

  1. Menurunkan berat badan

Selain karena alasan membuat perut lebih kenyang di pagi hari hanya dengan dua sendok kacang cokelat dan roti, selai kacang cokelat juga memiliki lemak sehat yang berserat tinggi dan protein yang membantu mengurangi asupan kalori yang berlebihan ke dalam tubuh.  

 

  1. Mencegah Alzheimer

Selai kacang cokelat memiliki kandungan niasin yang bisa membantu menurunkan penyakit Alzheimer hingga 70%. Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang membahayakan dan perlu diwaspadai karena bisa membuat penderitanya kehilangan ingatan.  Jika kamu memakan selai kacang cokelat untuk sarapan pagimu, bisa saja kamu menurunkan risiko terkena Alzheimer saat tua nanti.

 

  1. Sumber antioksidan

Tubuh perlu antioksidan untuk mempertahankan imun agar tidak mudah terserang penyakit maupun bakteri dan virus. Antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah salah satu kandungan gizi selai kacang cokelat untuk sarapan pagi yang bisa kamu dapatkan. Selain itu ada fitonutrien yang bisa menjaga kesehatan sistem dan fungsi organ tubuh secara keseluruhan.

 

  1. Kaya nutrisi

Saat kamu mengonsumsi selai kacang cokelat di pagi hari, banyak kandungan gizi di dalamnya yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Selai kacang cokelat kaya akan protein dan kalium yang mampu membantu menurunkan risiko stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Serat dalam kacang bisa menjaga kesehatan usus dan pencernaan. Ditambah kandungan magnesium yang bisa memperkuat tulang dan otot tubuh.

 

Agar manfaat selai kacang cokelat bisa kamu dapatkan secara maksimal, pemilihan jenis selia kacang cokelat juga tidak bisa sembarangan. Pilihlah selai kacang cokelat yang memiliki sedikit kandungan gula dan lebih banyak kacang dan cokelatnya. Kamu juga harus melihat label bahan selai kacang cokelat. Jangan sampai selai kacang cokelat yang kamu konsumsi memiliki kandungan natrium dan sodium yang tinggi karena akan membahayakan tubuh.