Buat Liburan Natal Semakin Istimewa dengan Hidangan Kue Kacang

Perayaan Natal tidak akan lengkap tanpa adanya hidangan berupa kue kering. Kue kering atau cookies biasa dihidangkan saat liburan Natal tiba karena rasanya yang manis tapi tidak menimbulkan enek. Terlebih jika dijadikan teman minum kopi atau teh di sore hari bersama keluarga tercinta, hmm tentu akan membuat suasana terasa lebih meriah.

Sekarang memang banyak sekali penjual kue kacang. Rasa dan bentuknya pun sangat bermacam-macam. Ada yang menjual rasa original dengan bentuk bulan sabit, ada juga yang membuatnya dengan rasa cokelat.  Nah, daripada kamu bingung menentukan ingin beli kue kacang yang mana, kenapa tidak membuat sendiri? Caranya tidak sulit kok, kamu tinggal mengikuti resep dan cara membuat di bawah ini. Yuk simak!

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 600 gr kacang tanah yang sudah dibuang kulitnya
  • 1 kg tepung terigu protein sedang yang sudah diayak
  • 500 gr gula halus
  • 1 sdm margarin
  • minyak secukupnya
  • 1 butir telur ayam (ambil putihnya saja)

Bahan-bahan untuk olesan kue kacang:

  • 2 butir telur ayam (ambil kuningnya saja)
  • 2 sdm susu kental manis
  • 2 sdm minyak goreng

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyangrai kacang. Sangrai kacang dengan wajan menggunakan api kecil. Tambahkan sejumput garam jika kamu ingin cita rasa yang pada kacang. Jangan sampai kacang gosong karena bisa membuat rasanya menjadi pahit. Bolak-balik dengan menggunakan spatula supaya kacang tidak gosong dan matang merata.

Setelah kacang matang, haluskan dengan blender. Tidak perlu terlalu halus ya, supaya tekstur renyah dari kacang masih terasa. Kamu juga bisa menumbuk kacang jika menginginkan kerenyahan yang lebih terasa. Jika sudah menemukan tekstur yang tepat (biasanya kacang akan menjadi seperti pasta), campurkan dengan bahan yang lain.

Sebelum mencampurkan adonan, lelehkan margarin terlebih dahulu. Setelah leleh, campurkan margarin dengan kacang, tepung terigu, gula, dan putih telur. Aduk hingga merata dan adonan berwarna kecoklatan. Supaya adonan menjadi kalis, tambahkan minyak sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lagi terasa lengket.

Pastikan adonan sudah kalis dan tidak terlalu keras. Kemudian keluarkan adonan dan pipihkan dengan menggunakan gilingan kayu atau botol bekas. Begitu kamu mendapat ketebalan yang pas (biasanya sekitar 1 cm), cetak sesuai dengan keinginanmu. Sebaiknya kamu memilih bentuk yang tidak terlalu rumit supaya kue kacang bisa matang merata.   

Selesai mencetak kue kacang, siapkan loyang untuk memanggang. Olesi loyang kue dengan margarin secara merata. Taburi dengan tepung terigu supaya kue kacang tidak lengket saat diangkat dari loyang. Tata kue kacang yang sudah dicetak di dalam loyang. Kamu bisa menambahkan potongan Iyes Cashew Salted Caramel di bagian atas untuk pemanis kue.

Olesi permukaan kue kacang yang sudah diberi potongan Iyes Cashew Salted Caramel dengan bahan olesan. Pastikan kue kacang sudah tampak mengkilap dan berwarna kekuningan setelah diolesi. Jangan terlalu banyak memberi olesan karena bisa membuat adonan menjadi lembek.

Sebelum memasukkan kue ke dalam oven, lakukan pre-heating. Nyalakan oven untuk sejenak supaya panasnya merata. Setelah suhu terasa cukup panas, masukkan kue, kacang yang sudah dicetak. Tunggu kue matang dalam oven.

Kue kacang yang matang akan mudah digeser dan berwarna kecokelatan. Setelah benar-benar matang, angkat dan angin-anginkan terlebih dahulu. Kue kacang yang sudah dingin bisa dimasukkan ke dalam toples. Resep ini bisa menghasilkan kue kacang sebanyak 7 toples ukuran setengah kilogram. Jadi, kamu bisa membaginya dengan keluarga atau teman kesayanganmu!