Jangan Sampai Salah, Ini Cara Benar Mengolah Kacang Tanah

Kacang tanah memang nikmat saat disantap bersama teman atau sendirian. Bahkan kacang tanah dikategorikan sebagai camilan sehat untuk menonton TV dan film di rumah. Namun, sudah tahukah kamu bagaimana cara mengolah kacang tanah yang benar? Untuk itu, ada baiknya kamu ikuti ulasan berikut ini.

Merendamnya Sebelum Memasak

Sebelum memasaknya menjadi makanan lezat dan bergizi, sebaiknya kacang tanah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah proses pembersihan, lanjutkan dengan merendamnya. Namun, untuk merendam kacang, sebenarnya ada teknik khusus dan perlu juga dengan memperhatikan suhu ruangan. Ada empat cara merendam kacang tanah, yakni rendaman ringan, rendaman panas, rendaman cepat, dan rendaman bebas gas.

Rendaman ringan caranya adalah merendam 0.5 kg kacang kering dengan 10 cangkir air dalam sebuah panci. Kemudian, tutup panci tersebut dan dinginkan di dalam lemari es selama enam hingga delapan jam. Kalau kamu ingin menggunakan cara rendaman panas, sebaiknya panaskan air sebanyak 10 cangkir dalam panci dan masukkan 0.5 kg kacang kering. Lalu, angkat dan tutup rapat untuk selanjutnya diamkan dalam suhu ruang selama dua hingga tiga jam.

Menggunakan teknik rendaman cepat pun tidak jauh beda. Hanya saja, waktu mendiamkannya membutuhkan waktu sekitar satu jam saja. Sedangkan untuk rendaman bebas gas juga sama, gunakan air mendidih dan diamkan semalaman. Maka, esok harinya, 75 hingga 90 persen gula yang tak bisa dicerna yang menghasilkan gas akan terendam dalam air.

Sebaiknya Jangan Digoreng

Mungkin kamu sering mengonsumsi kacang dengan cara digoreng. Namun, hal ini ternyata dianggap kurang tepat. Menggoreng kacang tanah akan membuat kandungan nutrisinya berkurang atau bahkan hilang. Selain itu, proses menggoreng kacang tanah dengan minyak juga akan membuatnya lebih mudah berbau tengik jika disimpan terlalu lama.

Trik mengolah kacang tanah paling sehat adalah dengan dipanggang atau disangrai. Selain nutrisinya masih tetap terjaga, penyimpanannya pun bisa tahan lama. Jika disangrai, kacang dapat bertahan dalam toples dan renyah selama kurang lebih dua minggu. Tambahkan garam dengan jumlah yang pas untuk menambah cita rasanya.

Memanggang Secara Kering

Menyambung dari poin sebelumnya, memanggang kacang tanah juga ada tekniknya sendiri. Salah satunya adalah dengan teknik panggang kering. Memanggang kacang akan melepaskan minyak esensialnya dan menyebabkan aromanya menjadi lebih wangi.

Metode yang digunakan untuk memanggang kacang agar kering ada dua cara, yakni metode kompor dan oven. Jika menggunakan kompor, gunakan nyala api sedang. Saat penggorengan panas, masukkan kacang dan jangan menggunakan minyak. Lalu, aduk rata kacang tersebut. Sementara, jika menggunakan oven ,panaskan hingga suhu 175 derajat Celsius dan panggang sekitar 15-20 menit untuk kacang tanah dengan kulit dan 20-25 menit untuk kacang tanah kupas.

Perhatikan Cara Memasak

Cara memasak kacang tanah selain dipanggang adalah dengan merebusnya. Dengan merebus kacang tanah, kandungan nutrisinya tidak akan menghilang seperti halnya pada kacang goreng. Saat merebus, sebaiknya kamu panaskan api dengan tingkat sedang. Waktu untuk merebus pun kurang lebih sekitar 45 menit saja.

Jika kamu ingin mengonsumsinya lebih lama, bisa menyimpan kacang rebus dalam air dingin lalu keringkan. Kemudian, masukkan kembali ke dalam freezer. Atau kamu bisa mencampurkannya dengan masakan laun seperti dalam sup atau salad.

 

Cukup mudah, kan, cara mengolah kacang tanah yang baik? Selamat mencoba!