Antara Almond, Walnuts, Macadamias: Mana Kacang yang Cocok untuk Kamu?

Kacang-kacangan diketahui memiliki banyak jenis dan manfaat yang beragam. Jenis dan manfaat yang ditawarkan tanaman famili fabaceae ini sudah diketahui secara luas sehingga membuatnya semakin gemar dikonsumsi. Tiga dari banyak jenis kacang yang dipercaya memiliki manfaat yang complete adalah almond, walnut, dan macadamias. Tak hanya menawarkan rasa lezat, ketiga jenis kacang ini juga kaya akan manfaat.

Nah, dari ketiga jenis kacang tersebut, manakah yang paling cocok untuk kamu? Tentu kamu perlu menyesuaikan konsumsinya dengan kebutuhan dan manfaat yang kamu cari. Sebelum memutuskan jenis kacang mana yang sebaiknya kamu konsumsi, simak dulu informasi lengkapnya berikut ini!

Kacang almond

antara-almond-walnuts-macadamias-mana-kacang-yang-cocok-untuk-kamu_img01

Siapa yang tidak kenal dengan kacang almond? Kacang yang biasa dikonsumsi baik dalam bentuk mentah maupun sudah menjadi campuran cokelat hingga permen ini memiliki cita rasa yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Almond baik dikonsumsi karena mengandung kadar protein yang cukup tinggi. Kandungan riboflavin, niasin, vitamin E, hingga kalsium juga menjadikan almond semakin layak untuk dikonsumsi bagi kesehatan.

Bagi kamu yang memiliki sistem imun tubuh bermasalah, mengonsumsi kacang almond bisa menjadi pilihan terbaik. Kacang almond diketahui dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh karena kaya akan zat lemak tak jenuh yang dapat mengurangi kadar LDL. Bahkan, sejumlah penelitian yang ada menyebut bahwa almond merupakan jenis makanan prebiotik yang bermanfaat sangat besar bagi sistem pencernaan tubuh.

Jika kamu ingin menjaga kulit terhindar dari penuaan dan keriput, almond bisa membantumu karena kandungan vitamin E di dalamnya. Kandungan vitamin E ini juga dapat memperkuat kepadatan tulangmu. Mineral dalam almond juga baik meningkatkan sirkulasi darah hingga efektif dalam meredakan stres yang mungkin kamu alami. Mampu menjaga kadar gula darah tetap normal, kacang yang bernama ilmiah prunus dulcis ini juga dapat membuat terhindar dari risiko diabetes.

Kacang walnut

antara-almond-walnuts-macadamias-mana-kacang-yang-cocok-untuk-kamu_img02

Lebih dikenal sebagai kacang kenari, walnut merupakan salah satu jenis kacang-kacangan paling populer di dunia. Memiliki rasa yang lezat dan sering dijadikan camilan sehat, walnut mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan asam lemak omega 3 yang diketahui sangat baik bagi otak. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam walnut juga dapat menetralisir serta mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, walnut memiliki antioksidan yang jauh lebih tinggi. Kandungan antioksidan serta omega 3 ini juga mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Sehingga untuk kamu yang ingin terhindar dari berbagai penyakit seperti stroke, jantung, hingga jantung koroner, kacang satu ini bisa menjadi jawabannya. Tak hanya itu, walnut juga mampu mengatasi peradangan seperti asma, psoriasis, hingga arthritis. Dibanding antioksidan yang ditemukan dalam vitamin E, senyawa polifenol dalam walnut diketahui 15 kali lebih ampuh. Sejumlah penelitian yang ada juga menunjukkan bahwa walnut memegang peranan penting dalam mengendalikan pra-diabetes, diabetes, hingga sindrom metabolik. Menjadi sumber magnesium dan fosfor, walnut juga memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah sehingga pas sebagai camilan yang sehat.

Kacang Macadamias

antara-almond-walnuts-macadamias-mana-kacang-yang-cocok-untuk-kamu_img03

Macadamias merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Kacang yang aslinya berasal dari Australia ini menyandang title sebagai kacang termahal di dunia. Title tersebut diberikan kepada kacang yang mulai dibudidayakan di Indonesia ini karena untuk menghasilkannya, perlu menunggu 7-10 tahun. Itulah mengapa harga kacang macadamias jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

Tak hanya mahal karena proses pertumbuhannya yang lama, kacang ini juga mempunyai rasa yang lembut dan kandungan minyak yang bermanfaat. Biji kacang macadamias dapat menghasilkan minyak sampai 80%. Minyak ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik atau menjadi bahan alternatif untuk pelembap kulit. Jika dikonsumsi, kacang ini juga bermanfaat dalam menjaga bakteri baik pada usus, melancarkan pencernaan dan menyehatkan organ jantung.

Kacang yang berwarna putih dan sentuhan krem ini memiliki tekstur yang renyah dan sering disebut sebagai kacang terenak di dunia. Kacang tropis ini diketahui kaya akan kalori dan lemak yang menurut para ilmuwan berjenis sehat yang baik bagi tubuh. Selain itu, macadamias juga diketahui kaya akan senyawa potassium, fosfor, magnesium, kalsium, protein, karbohidrat hingga serat. Tak heran jika kacang ini menjadi favorit banyak pecinta kacang di dunia.

Apabila kamu mengonsumsi seporsi kacang macadamias, maka kamu akan mendapatkan 100 persen thiamin sebagai kebutuhan harian. Thiamin diketahui memiliki manfaat besar dalam mengubah karbohidrat menjadi energi dan berperan penting mengatur sistem saraf. Kacang ini juga mengandung asam lemak omega-7 tak jenuh tunggal yang mampu menurun LDL dan mengurangi risiko jantung serta kandungan omega-7 yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Dengan mengetahui berbagai manfaat yang terkandung dalam ketiga jenis kacang di atas, tentunya kamu bisa lebih mudah memutuskan mana jenis kacang yang paling cocok untukmu, bukan? Yang pasti, ketiga jenis kacang ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatanmu sehingga untuk mengonsumsinya kamu tak perlu ragu. Semoga bermanfaat!